Survei Litbang Kompas : Pasangan Ganjar Dan Gus Yasin Unggul Jauh Dari Pasangan Sudirma Dan Ida



Pada pemilu pilkada tahun 2018 terdapat dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Pasangan calon nomor urut 1 adalah Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen Zubair dan pasangan calon  nomor urut 2 adalah Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Hasil itu terungkap dalam survei litbang Kompas yang diirilis pada hari Selasa (13/3/2018). Dari segi kepopuleran pasangan calon nomor urut 1 ini Ganjar dan Gus yasin (sapaan Taj Yasin Maimoen Zubair) jauh menggungguli pesaingnya.

Hasil survei dilakukan pada akhir februari sampai awal maret. Untuk pasangan nomor 1 ini ungul dalam berbagi aspek yang ada dimulai dari agama, etnis, pendidikan, kelas social dan partai.

Jumlah Poling Survei Bagi Pasangan Ganjar dan Gus yasin


Elektabilitas dari pasangan Ganjar dan Gus Yasin memperoleh 79% suara sedangakan bagi pasangan Sudirman dan Ida mempoleh 11,8% suara. Sisanya yang 9,2% tidak memiih kedua pasangan tersebut.
Calon gubernur Ganjar Pranowo  dalam hasil poling menempatkan diirnya segai orang yang papling dikenal oleh masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari simulasi gambar dimana 78,4 persen responden mengenalinya dan menyebut namanya. Sedangakan rivalnya Sudirman hanya mendapat suara sebesar 26 persen saja.

Untuk calon wakil gubernur dari kedua pasangan Ganjar dan Sudirman masing-masing memperoleh suara 16,3 persen dan 12,4 persen dari tiap responden yang ada.

Eratnya Jumlah Suara Dari Pasangan Ganjar Dan Gus Yasin Serta Pasangann Sudirman Ida


Jumlah suara dari masing-masing pasangan tidak terlalu jauh dan hal itu yang menyabakan eratnya popularitas dari pemilihan pasangan pada pilkada 2018 mendatang. Bagi pasangan Ganjar dan Gus yasin banyak dari responden memilih pasangan dari calon nomor urut 1 ini sebesar 83,4 persen atas dasar pikiran mereka.

Sedangkan untuk pasangan calon nomor urut 2 pun mendapat repon sebesar 62,5 persen atas dasar pikiran mereka saat akan memilih.

Pasangan Ganjar dan Gus yasin unggul jauh dalam segala aspek dibandingkan pasangan rivalnya yaitu Sudirman dan Ida dari hasil poling survei litbang Kompas.